LIDOKAIN HIDROKLORIDA (Lignokain hidroklorida)

Indikasi: 

aritmia ventrikel, terutama setelah infark miokard.

Peringatan: 

dosis lebih rendah pada gagal jantung kongestif, pada gagal hati, gagal ginjal dan setelah bedah jantung; usia lanjut; kehamilan.

Interaksi: 

lampiran 1 (Lidokain).

Kontraindikasi: 

gangguan nodus SA, semua derajat blok AV, depresi miokard yang berat; porfiria.

Efek Samping: 

pusing, kesemutan, atau mengantuk (terutama bila injeksi terlalu cepat); efek SSP lainnya (bingung, depresi pernapasan dan konvulsi); hipotensi dan bradikardia (sampai terjadi henti jantung); hipersensitivitas.

Dosis: 

injeksi intravena, pada pasien tanpa gangguan sirkulasi yang berat, 100 mg sebagai bolus selama beberapa menit (50 mg pada pasien dengan BB lebih ringan atau pasien dengan gangguan sirkulasi yang berat), segera diikuti dengan infus 4 mg/menit selama 30 menit, 2 mg/menit selama 2 jam, kemudian 1 mg/menit; kadarnya dikurangi lagi bila infusnya dilanjutkan lebih dari 24 jam (pantauan EKG dan supervisi dokter ahli jantung).

Keterangan: 
Penting. setelah injeksi intravena, lidokain masa kerjanya pendek (berakhir dalam 15-20 menit). Bila infus intravena tidak segera tersedia, injeksi intravena awal 50-100 mg dapat diulangi bila perlu 1 kali atau 2 kali dengan interval tidak kurang dari 10 menit).