VALSARTAN

Indikasi: 

hipertensi (dapat digunakan tunggal maupun dikombinasi dengan obat antihipertensi lain); gagal jantung pada pasien yang tidak dapat mentoleransi obat penghambat ACE (penghambat enzim pengubah angiotensin).

Peringatan: 

lihat keterangan di atas; gangguan fungsi hati ringan sampai sedang; gangguan fungsi ginjal (lampiran 3); data keamanan dan khasiat pada anak-anak belum tersedia.

Interaksi: 

penggunaan bersama dengan penghambat ACE dan beta bloker tidak dianjurkan.

Kontraindikasi: 

lihat keterangan di atas; gangguan fungsi hati berat, sirosis, obstruksi empedu, menyusui (lampiran 4); hipersensitif terhadap komponen obat.

Efek Samping: 

lihat keterangan di atas; kelelahan, jarang diare, sakit kepala, mimisan; trombositopenia, nyeri sendi, nyeri otot, gangguan rasa, neutropenia.

Dosis: 

Hipertensi, lazimnya 80 mg sekali sehari; jika diperlukan (pada pasien yang tekanan darahnya tidak terkontrol) ditingkatkan hingga 160 mg sehari atau ditambahkan pemberian diuretika; tidak diperlukan penyesuaian dosis untuk pasien dengan gangguan fungsi ginjal atau pada pasien dengan gangguan fungsi hati tanpa kolestasis.

Gagal jantung, dosis awal 40 mg dua kali sehari. Penyesuaian dosis hingga 80 mg dan 160 mg dua kali sehari harus dilakukan pada dosis tertinggi yang dapat ditoleransi oleh pasien; pertimbangan untuk menguragi dosis harus dilakukan pada pasien yang juga menerima diuretika; dosis maksimal yang diberikan pada uji klinik adalah 320 mg pada dosis terbagi.

List Nama Dagang

Untuk informasi nama produk terkini dapat melihat cekbpom.pom.go.id