TRAMADOL HIDROKLORIDA

Indikasi: 

nyeri sedang sampai berat.

Peringatan: 

lihat pada garam morfin dan keterangan di atas; riwayat epilepsi (dilaporkan timbulnya konvulsi, biasanya setelah injeksi intravena yang cepat); hindari pada kehamilan (lampiran 4) dan menyusui (lampiran 5); tidak sesuai sebagai terapi pengganti pada pasien ketergantungan opiat.
Anestesi Umum: Tidak direkomendasikan sebagai analgesik pada awal kerja anestesi umum (menyebabkan meningkatnya risiko pembatalan pembedahan).

Interaksi: 

lihat Lampiran 1.

Kontraindikasi: 

Lihat pada garam morfin dan keterangan di atas.

Efek Samping: 

lihat pada garam morfin dan keterangan di atas, perasaan tidak nyaman di perut, diare, hipotensi, dan hipertensi okasional, dilaporkan juga terjadi paraestesia, anafilaksis, dan kebingungan.

Dosis: 

oral, 50-100 mg tidak boleh lebih sering dari 4 jam; total pemakaian lebih dari 400 mg per hari tidak selalu dibutuhkan. Anak-anak tidak direkomendasikan. Intramuskular atau intravena (lebih dari 2-3 menit) atau infus intravena, 50-100 mg setiap 4-6 jam.
Nyeri pasca bedah, dosis awal 100 mg kemudian 50 mg tiap 10-20 menit, jika diperlukan selama 1 jam pertama hingga total maksimum 250 mg (termasuk dosis awal) pada 1 jam pertama, kemudian 50-100 mg tiap 4-6 jam, maksimum 600 mg per hari. Anak-anak tidak direkomendasikan.