RISEDRONAT NATRIUM

Indikasi: 

osteoporosis, osteoporosis akibat glukokortikoid, penyakit tulang Paget’s disease.

Peringatan: 

abnormalitas esofageal dan faktor lain yang menunda transit atau pengosongan (misal: stricture atau achalasia lihat juga di bawah keterangan efek samping), kerusakan ginjal, kondisi hipokalsemia, disfungsi tulang dan metabolisme mineral (misal: defisiensi vitamin D dan abnormalitas paratiroid) perlu diperbaiki sebelum memulai terapi, riwayat ganguan esofageal, sebelum dimulai terapi diperlukan pemeriksaan gigi dengan tindakan pencegahan pada pasien dengan faktor risiko seperti kanker, sedang menjalani kemoterapi, radioterapi, kortikosteroid, tidak menjaga kebersihan mulut.

Interaksi: 

pemberian pada waktu yang berbeda dengan obat mengandung kation seperti kalsium, magnesium, besi, aluminium, antasida.

Kontraindikasi: 

gangguan ginjal berat (klirens kreatinin kurang dari 30 mL/min), kehamilan, menyusui.

Efek Samping: 

nyeri abdomen atas, diare, mual, konstipasi, dispepsia, muntah, nyeri abdomen, flatulens, gastritis, distensi abdomen, hiatus hernia, mulut kering, influenza, nasofaringitis, infeksi saluran kemih, bronkitis, gastroenteritis, infeksi saluran napas atas, sistitis, nyeri punggung, artralgia, osteoartritis, nyeri ekstremitas, spasme otot, nyeri muskuloskeletal, nyeri leher, astenia, nyeri dada, pireksia, sakit kepala, pusing, rasa ingin jatuh, hipertensi, batuk, depresi, hiperkolesterolemia.

Dosis: 

penyakit tulang Paget’s Disease, 30 mg sehari selama 2 bulan; dapat diulangi jika diperlukan, setelah sekurang-kurangnya 2 bulan. Terapi osteoporosis pascamenopause untuk mengurangi risiko fraktur vertebral dan pinggang, 5 mg per hari atau 35 mg sekali seminggu. Profilaksis osteoporosis (termasuk osteoporosis akibat kortikosteroid) pada wanita pascamenopause, 5 mg sehari. Anak. Tidak direkomendasikan.

Konseling. Tablet diminum utuh dengan segelas air pada keadaan perut kosong, paling sedikit 30 menit sebelum makanan/ minuman pertama pada hari itu atau jika tidak diminum pada pagi hari, hindari makanan/ minuman sekurang-kurangnya selama 2 jam sebelum atau sesudah risedronat (terutama hindari produk yang mengandung kalsium, seperti susu. Juga hindari suplemen yang mengandung zat besi dan mineral dan antasida). Berdiri atau duduk tegak selama
paling sedikit 30 menit dan jangan berbaring sampai setelah makan pagi. Jangan menelan tablet pada waktu akan tidur atau sebelum bangun dari posisi berbaring.

List Nama Dagang

Untuk informasi nama produk terkini dapat melihat cekbpom.pom.go.id