KANDESARTAN SILEKSETIL

Indikasi: 

hipertensi; kombinasi dengan HCT: Pengobatan hipertensi yang tidak dapat terkontrol dengan kandesartan sileksetil atau HCT sebagai monoterapi.

Peringatan: 

lihat keterangan di atas; gangguan fungsi hati; gangguan fungsi ginjal (lampiran 1). Kombinasi dengan HCT (keterangan lihat HCT).

Interaksi: 

Kombinasi dengan HCT (keterangan lihat HCT).

Kontraindikasi: 

lihat keterangan di atas; menyusui (lampiran 4); kolestasis; kombinasi dengan HCT (keterangan lihat HCT).

Efek Samping: 

lihat keterangan di atas; juga vertigo, sakit kepala; sangat jarang mual, hepatitis, kerusakan darah, hiponatremia, nyeri punggung, sakit sendi, nyeri otot, ruam, urtikaria, rasa gatal.

Kombinasi dengan HCT (keterangan lihat HCT).

Dosis: 

hipertensi, dosis awal 8 mg (gangguan fungsi hati 2 mg, gangguan fungsi ginjal atau volume deplesi intravaskular 4 mg) sekali sehari, tingkatkan jika perlu pada interval 4 minggu hingga maksimal 32 mg sekali sehari; dosis penunjang lazim 8 mg sekali sehari.

Gagal jantung, dosis awal 4 mg sekali sehari, tingkatkan pada interval sedikitnya 2 minggu hingga dosis target 32 mg sekali sehari atau hingga dosis maksimal yang masih dapat ditoleransi.

Kombinasi dengan HCT: kandesartan sileksetil 16 mg + HCT 12,5 mg sekali sehari, dengan atau tanpa makanan.

Pasien usia lanjut, sebelum pengobatan dengan kombinasi harus dimulai dengan kandesartan sileksetil 2 mg tunggal untuk pasien >75 tahun, atau kandesartan sileksetil 4 mg tunggal untuk pasien < 75 tahun.

Pasien dengan gangguan fungsi ginjal, regimen lazim untuk kombinasi kandesartan sileksetil/HCT dapat diikuti selama kreatinin klirens di atas 30 mL/menit. Pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal yang lebih parah, diuretika kuat lebih disukai daripada tiazid, sehingga kombinasi kandesartan sileksetil/HCT tidak dianjurkan.

Pasien dengan gangguan fungsi hati, diuretika tiazid harus digunakan dengan hati-hati, oleh karenanya dosis harus diberikan dengan hati-hati.

List Nama Dagang

Untuk informasi nama produk terkini dapat melihat cekbpom.pom.go.id