GADOKSETIK, DINATRIUM-ASAM

Indikasi: 

media kontras berbasis gadolinium yang digunakan untuk T1-weighted Magnetic Resonance Imaging (MRI) organ hati.

Peringatan: 

dilaporkan reaksi anafilaktik, obat dan alat yang diperlukan untuk mengatasi reaksi tersebut (ventilator oksigen, selang endotrakeal) harus berada dekat dengan proses pemeriksaan dan hentikan injeksi media kontras jika terjadi; gnngguan jantung berat; Hanya digunakan pada wanita hamil jika jelas diperlukan; Hentikan menyusui sampai dengan 24 jam setelah penggunaan gadobutrol.

Interaksi: 

obat bersifat anionik, seperti rifampisin, dapat berkompetisi dengan media kontras hepatik dalam proses ekskresi melalui empedu, dan ekskresi bilier. Rifampisin memblok uptake hepatik gadoksetik sehingga mengurangi efek kontras hepatic; Kenaikan kadar bilirubin atau feritin dapat mengurangi efek kontras hepatik gadoksetik; memberikan hasil positif palsu pada pengukuran kadar besi dalam serum dengan metode kompleksometrik jika dilakukan dalam waktu 24 jam setelah penggunaan gadoksetik karena adanya senyawa kompleks bebas yang terdapat dalam larutan media kontras.

Kontraindikasi: 

hipersensitif terhadap zat aktif atau bahan eksipien/pengisi.

Efek Samping: 

tidak sering (≥1/1000, <1/100): sakit kepala, pusing, parestesia, gangguan pengecapan, parosmia, vasodilatasi, hipertensi, dispnea, muntah, mual, ruam, pruritus, nyeri di lokasi penyuntikan; jarang (<1/1000): vertigo, palpitasi pada bundle branch block, mulut kering, peningkatan saliva, menggigil, nyeri punggung, nyeri, nyeri dada, malaise, astenia, reaksi pada lokasi penyuntikan, bengkak pada lokasi penyuntikan.

Dosis: 

dewasa: injeksi bolus intravena 0,1 ml/kg bb (ekuivalen dengan 25 µmol/kg bb). Kecepatan pemberian 2 ml/detik, melalui large-bore needle atau indwelling catheter (ukuran 18-20 gauge). Tidak direkomendasikan pada anak usia dibawah 18 tahun. Pasien sebaiknya puasa dan makanan dikeluarkan dari tubuhnya, 2 jam sebelum pelaksanaan MRI. Tidak boleh diberikan secara intramuskular.