FLUTIKASON PROPIONAT

Indikasi: 

profilaksis dan pengobatan rinitis alergik musiman, termasuk hay fever dan rinitis alergik tahunan, profilaksis dan terapi asma.

Peringatan: 

Anak, kehamilan, pengobatan terdahulu dengan kortikosteroid per oral, pemberian dengan ritonavir, infeksi lokal pada saluran napas, penghentian pengobatan sistemik dan mulai pengobatan intranasal, pemberian dosis besar dalam jangka panjang, pneumonia.

Interaksi: 

Ritonavir: penggunaan bersama flutikason intranasal harus dihindari karena menimbulkan efek sistemik kortikosteroid seperti sindroma Cushing dan menekan fungsi ginjal. Ketokonazol: meningkatkan paparan sistemik terhadap flutikason propionat.

Kontraindikasi: 

Hipersensitivitas.

Efek Samping: 

Sangat umum: epistaksis, kandidiasis mulut dan kerongkongan. Umum: sakit kepala, rasa tidak enak, bau tidak enak, hidung kering, iritasi hidung, tenggorokan kering, iritasi tenggorokan, pneumonia, suara serak, luka memar. Tidak umum: reaksi hipersensitif kutan. Sangat jarang: reaksi hipersensitivitas, reaksi anafilaksis, bronkospasme, ruam kulit, udem pada wajah atau lidah, glaukoma, peningkatan tekanan intraokular, katarak, perforasi dinding hidung, sesak napas, anafilaktik, sindroma Cushing, keterlambatan pertumbuhan, penurunan densitas mineral tulang, hiperglikemia, gelisah, gangguan tidur dan perubahan sikap termasuk hiperaktivitas dan iritabilitas.

Dosis: 

Rinitis alergik. Dewasa dan anak di atas 12 tahun, 100 mcg (2 semprotan) ke dalam tiap lubang hidung 1 kali sehari disarankan pagi hari, dapat ditingkatkan hingga 2 kali sehari, dosis maksimum per hari tidak lebih dari 200 mcg (4 semprotan) tiap lubang hidung. Anak 4-11 tahun, 50 mcg (1 semprotan) ke dalam tiap lubang hidung 1 kali sehari, dapat ditingkatkan 2 kali sehari, dosis maksimum per hari tidak lebih dari 2 semprotan tiap lubang hidung. Asma. Dewasa dan anak di atas 16 tahun, 100 – 1000 mcg 2 kali sehari, dosis awal asma ringan 100 – 250 mcg 2 kali sehari, asma sedang 250 – 500 mcg 2 kali sehari, asma berat 500 – 1000 mcg 2 kali sehari. Anak di atas 4 tahun, 50 – 100 mcg 2 kali sehari. Anak 1-4 tahun, 100 mcg 2 kali sehari.

Penggunaan: 

DEWASA dan ANAK di atas usia 12 tahun, beri 100 mcg (2 semprotan) ke dalam tiap lubang hidung 1 kali sehari, lebih disukai pada waktu pagi hari, ditingkatkan hingga 2 kali sehari bila perlu; total maksimum 8 semprotan tiap hari; ANAK 4-11 tahun, 50 mcg (1 semprotan) ke dalam tiap lubang hidung 1 kali sehari, ditingkatkan 2 kali sehari bila perlu; total maksimum tiap hari 4 semprotan.