FLUTIKASON FUROAT

Indikasi: 

pengobatan gejala rinitis alergi.

Peringatan: 

Efek sistemik muncul pada penggunaan sediaan nasal dalam jangka panjang dan dosis tinggi; Pengobatan terdahulu/ bersamaan dengan kortikosteroid oral; pemakaian yang berkepanjangan pada anak; Flutikason furoat hanya digunakan pada wanita hamil jika manfaat bagi ibu melebihi risiko bagi janin; Keamanan penggunaan pada ibu menyusui dan anak usia dibawah 6 tahun, belum diketahui pasti; Sediaan nasal dan inhalasi kortikosteroid dapat menyebabkan glaukoma atau katarak. Hati-hati jika terjadi perubahan penglihatan, riwayat peningkatan tekanan intra okular, glaukoma, katarak.

Interaksi: 

Pemberian bersama dengan ritonavir tidak disarankan karena potensi risiko dan paparan sistemik yang meningkat terhadap flutikason furoat.

Kontraindikasi: 

hipersensitif terhadap semua bahan yang terkandung.

Efek Samping: 

sangat umum (>1/10): epitaksis; umum (>1/1000 dan <1/10): ulserasi hidung.

Dosis: 

untuk mendapatkan efek yang maksimal, pasien harus diinformasikan untuk menggunakan obat ini secara rutin sesuai jadwal. Mula kerja biasanya diperoleh pada 8 jam setelah penggunaan pertama, dan mungkin diperlukan waktu beberapa hari untuk memperoleh manfaat maksimal. Lama pengobatan harus dibatasi pada masa dimana terjadi pemaparan alergenik.
Dewasa/remaja (12 tahun dan lebih): dosis awal, dua semprotan (27,5 mikrogram per semprot) ke dalam masing-masing lubang hidung sekali sehari (total dosis per hari 110 mikrogram); dosis pemeliharaan satu semprotan ke dalam masing-masing lubang hidung sekali sehari (total dosis per hari 55 mikrogram). Dosis harus dititrasi hingga dosis terendah yang cukup memberi respon pemeliharaan.
Anak (6-11 tahun): dosis awal, satu semprotan (27,5 mikrogram per semprot) ke dalam masing-masing lubang hidung sekali sehari (total dosis per hari 55 mikrogram). Pasien yang tidak memberikan respon yang cukup terhadap dosis tersebut dapat diberikan dua semprot ke dalam masing-masing lubang hidung sekali sehari (total dosis per hari 110 mikrogram). Dosis pemeliharaan satu semprotan pada kedua lubang hidung sekali sehari (total dosis 55 mikrogram per hari).

List Nama Dagang

Untuk informasi nama produk terkini dapat melihat cekbpom.pom.go.id