FESOTERODIN FUMARAT

Indikasi: 

pengobatan gejala beser (urinary frequency), dorongan urinasi (urgency), anyang-anyangan (urgency incontinence) pada pasien dengan kerja kandung kemih yang berlebihan (overactive bladder syndrome).

Peringatan: 

obstruksi aliran kemih dengan risiko retensi urin, penyakit obstruksi gastrointestinal seperti pyloric stenosis, refluks gastroesofageal atau eksaserbasi esofagitis, penurunan motilitas gastrointestinal, neuropati autonomik, glaukoma sudut sempit terkontrol, pemberian bersama dengan penghambat CYP3A4 kuat harus dihindari pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal ringan dan gangguan fungsi hati ringan, pemberian bersama dengan penghambat CYP3A4 sedang harus dihindari pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal sedang dan gangguan fungsi hati sedang, kehamilan dan menyusui.

Interaksi: 

meningkatkan efek anti muskarinik dan antikolinergik (konstipasi, mulut kering, pusing dan retensi urin), menurunkan efek metoklopramid (efek menstimulasi motilitas saluran cerna), dosis maksimal 4 mg saat digunakan bersama dengan penghambat CYP3A4, pemberian bersama penginduksi CYP3A4 dapat menurunkan kadar plasma.

Kontraindikasi: 

hipersensitivitas, retensi urin, retensi gastrik, glaukoma sudut sempit tidak terkontrol, miastenia gravis, gangguan fungsi hati berat, pemberian bersama dengan penghambat CYP3A4 kuat pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal atau gangguan fungsi hati sedang hingga berat, ulcerative colitis berat, toksik megacolon.

Efek Samping: 

sangat umum: mulut kering; umum: pusing, sakit kepala, mata kering, tenggorokan kering, nyeri abdomen, diare, dispepsia, konstipasi, mual, disuria, insomnia; tidak umum: takikardi, disgeusia, mengantuk, vertigo, nyeri faringolaringeal, batuk, hidung kering, flatulen, retensi urin, ruam kulit, kulit kering, infeksi saluran kemih, kelelahan, peningkatan ALT dan peningkatan GGT.

Dosis: 

dewasa: 4 mg satu kali sehari, dosis dapat ditingkatkan sampai 8 mg satu kali sehari tergantung respons individu. Dosis maksimum harian 8 mg.
Dosis harian yang dianjurkan pada pasien dengan gangguan fungsi hati atau gangguan fungsi ginjal dan diberikan bersama dengan penghambat CYP3A4: 4 mg.

List Nama Dagang

Untuk informasi nama produk terkini dapat melihat cekbpom.pom.go.id