FENTANIL

Indikasi: 

nyeri tiba-tiba pada pasien yang sudah dalam terapi opioid untuk nyeri kanker kronik; nyeri kronik yang sukar ditangani; indikasi lain.

Peringatan: 

lihat pada Garam Morfin dan keterangan di atas.

Interaksi: 

Lampiran 1 (analgesik opioid).

Kontraindikasi: 

lihat pada Garam Morfin, dan keterangan di atas.

Efek Samping: 

lihat pada Garam Morfin dan keterangan di atas; penggunaan dengan patches, reaksi lokal seperti ruam kulit, eritema dan gatal dilaporkan.
DEMAM atau PANAS DARI LUAR. Monitor pasien untuk efek samping yang meningkat bila timbul demam (absorpsi mungkin meningkat); hindarkan tempat aplikasi dari sengatan panas (dapat menambah absorpsi).
LAMA KERJA YANG PANJANG. Mengingat kerjanya yang lama; pasien yang mengalami efek samping berat harus dimonitor hingga 24 jam setelah tapel (patch) dilepas.

Penggunaan: 

Durogesic (Janssen, Belgia/ Kimia Farma) 2,5 mg, 5 mg, 7,5 mg, 10 mg/cakram transdermal; self-adhesive; transparan; tapel fentanil; '25' (melepaskan kira-kira 25 mcg/jam untuk 72 jam); '50' patch (melepaskan kira-kira 50 mcg/jam untuk 72 jam); '75' patch (melepaskan kira-kira 75 mcg/jam untuk 72 jam); '100' patch (melepaskan kira-kira 100 mcg/jam untuk 72 jam).
CARA PAKAI: Tempelkan pada permukaan kulit yang kering; tidak terkena sinar matahari; dan tidak berambut di daerah pinggang atau lengan atas; dilepaskan setelah 72 jam; dan tempelkan tapel baru di tempat lain (hindarkan penempelan tapel pada tempat yang sama untuk beberapa hari).
Penderita yang belum pernah menerima analgesik opioid kuat; dosis awal; satu patch '25 mcg/jam' diganti setelah 72 jam; penderita yang pernah menerima analgesik opioid; dosis awal didasarkan kebutuhan opioid dalam 24 jam sebelumnya (morfin sulfat oral 90 mg per 24 jam- satu tapel '24 mcg/jam'; lihat lembaran informasi untuk perinciannya); ANAK tidak dianjurkan. Catatan: Bila baru mulai menggunakan Durogesic penilaian efek analgesiknya jangan dilakukan sebelum cara ini dipakai selama 24 jam (untuk menaikkan kadar plasma fentanil sedikit demi sedikit) pemberian analgesik sebelumnya sebaiknya dihentikan bertahap sejak aplikasi tapel yang pertama; penyesuaian dosis umumnya dilakukan setiap 72 jam dengan '25 mcg/jam'. Boleh dipakai lebih dari satu tapel sekaligus bila dosis lebih besar dari '100 mcg/jam' (tetapi tempelkan pada saat yang sama supaya tidak bingung) pertimbangkan pengobatan analgesik tambahan/ alternatif bila dosis yang dibutuhkan melebihi 300 mcg/jam (penting: mungkin diperlukan 17 jam/ lebih untuk berkurangnya kadar fentanil sebanyak 50%; karena itu pengobatan opioid pengganti sebaiknya dimulai dengan dosis rendah; dinaikkan sedikit demi sedikit).

List Nama Dagang

Untuk informasi nama produk terkini dapat melihat cekbpom.pom.go.id