ETINILESTRADIOL + GESTODEN

Indikasi: 

untuk mencegah kehamilan (kontrasepsi).

Peringatan: 

faktor risiko tromboembolisme; kelainan arteri dan migren; hiperprolaktinemia; riwayat depresi berat yang diinduksi oleh kontrasepsi hormonal; penyakit anemia sickle sel; peradangan saluran cerna termasuk penyakit Chron; tekanan darah tinggi.

Interaksi: 

dengan obat untuk epilepsi (misalnya primidon, fenitoin, barbiturat) dan tuberkulosa (misalnya rifampisin); dan antibiotika untuk beberapa penyakit infeksi lainnya (misalnya ampisilin, tetrasiklin, griseofulvin).

Kontraindikasi: 

sedang atau pernah mengalami tromboembolisme; kelainan arteri dan migren; sedang atau pernah mengalami suatu kondisi yang mungkin gejala awal dari serangan jantung (misalnya pada angina pektoris atau nyeri dada) atau stroke (misalnya serangan iskemik transien atau stroke ringan yang menetap); diabetes mellitus dengan kerusakan pembuluh darah; ikterus (kulit yang menguning) atau penyakit hati yang berat; sedang atau pernah menderita tumor jinak atau ganas pada hati; mengalami perdarahan vagina yang tidak terdeteksi; hamil atau merasa hamil; alergi terhadap bahan-bahan yang ada dalam sediaan; mengalami Sindrom Dubin Johnson & Sindrom Rotor; penyakit anemia sickle cell, gangguan metabolisme lemak; mempunyai riwayat herpes pada waktu hamil dan otosklerosis yang memburuk selama kehamilan.

Efek Samping: 

risiko terjadinya trombosis. Efek samping yang dapat terjadi ini dapat dijumpai pada bulan-bulan awal pemakaian pil KB dan biasanya akan berkurang bila dipakai terus; penegangan payudara; nyeri dan bersekresi; sakit kepala; perubahan dorongan seksual; penurunan libido; intoleransi lensa kontak; mual, muntah dan perasaan tidak sehat; perubahan sekresi vagina; macam-macam reaksi kulit; retensi cairan; perubahan berat badan; reaksi hipersensitivitas; perubahan siklus menstruasi.

Dosis: 

1 tablet setiap hari pada jam yang sama dengan mengikuti arah panah sampai 21 pil telah diminum semuanya, pemberian diulang setelah interval 7 hari tidak minum pil. Kemasan berikutnya dimulai pada hari ke 8 siklus menstruasi.