BUDESONID

Indikasi: 

Asma bronkial

Peringatan: 

Lihat keterangan di atas: juga tuberkulosis aktif atau diam; mungkin perlu mengembalikan terapi sistemik selama periode stres atau jika jalan udara tuberkulosis, infeksi jamur dan virus pada saluran pernafasan, penurunan fungsi hati, penurunan pertumbuhan tinggi badan yang bersifat sementara, kehamilan, timbulnya gejala rinitis, eksim, nyeri otot dan sendi karena penggantian terapi dari steroid oral.

Interaksi: 

Simetidin: menghambat metabolisme budesonid.

Efek Samping: 

Iritasi ringan pada tenggorokan, batuk, suara serak, infeksi kandida pada orofaring, reaksi hipersensitivitas, reaksi kulit seperti urtikaria, kemerahan, dermatitis, bronkospasme, angiodema, reaksi anafilaktik, gugup, gelisah, depresi. Jarang: gejala efek glukokortikoid seperti hipofungsi kelenjar adrenal, dan berkurangnya kecepatan pertumbuhan.

Dosis: 

Terapi inhalasi glukokortikoid telah dimulai, asma berat, pengurangan dosis atau pemberhentian glukokortikoid oral: dewasa, 200-1200 mcg perhari, terbagi ke dalam 2-4 pemberian. Dosis pemeliharaan 200-400 mcg dua kali sehari pagi dan malam, dapat ditingkatkan hingga 1200 mcg pada asma berat.