BEKLOMETASON DIPROPIONAT

Indikasi: 

profilaksis asma, terutama jika tidak sepenuhnya teratasi oleh bronkodilator atau kromoglikat.

Peringatan: 

lihat keterangan di atas; juga tuberkulosis aktif atau diam; mungkin perlu mengembalikan terapi sistemik selama periode stres atau jika jalan udara terganggu atau mukus menghalangi akses obat ke jalan udara yang lebih kecil.

BRONKOSPASMUS PARADOKSIKAL. Potensi munculnya bronkospasmus paradoksikal (sehingga pengobatan harus dihentikan dan diberikan terapi alternatif) harus betul-betul diperhatikan jika ringan bisa dicegah dengan menghirup stimulan beta-2-adrenoseptor (atau dengan beralih dari inhalasi aerosol ke inhalasi serbuk kering).

Efek Samping: 

lihat keterangan di atas; suara serak dan kandidiasis di mulut atau tenggorokan (biasanya hanya pada dosis tinggi); ruam (jarang).

KANDIDIASIS. Kandidiasis bisa dikurangi dengan menggunakan spacer, lihat keterangan di atas, dan respon terhadap lozenges, anti fungi, lihat 12.3.2 tanpa penghentian terapi juga bisa membantu dengan cara berkumur-kumur dengan air (atau pada anak bersihkan giginya) setelah menghirup satu dosis.

Dosis: 

aerosol inhalasi: 200 mcg 2 kali sehari atau 100 mcg 3-9 kali sehari (pada kondisi lebih berat dosis awal 600-800 mcg per hari).

Anak: 50-100 mcg 2-4 kali sehari atau 100-200 mcg 2 kali sehari.

List Nama Dagang