ATORVASTATIN

Indikasi: 

sebagai terapi tambahan pada diet untuk mengurangi peningkatan kolesterol total, c-LDL, apolipoprotein B dan trigliserida pada pasien dengan hiperkolesterolemia primer; kombinasi hiperlipidemia; hiperkolesteolemia heterozigous dan homozigous familial ketika respon terhadap diet dan pengukuran non farmakologi lainnya tidak mencukupi.

Pada pasien pediatrik (10-17 tahun): sebagai terapi tambahan pada diet untuk mengurangi kadar kolesterol total, c-LDL dan Apo-B pada laki-laki dan wanita yang telah mengalami menstruasi, usia 10-17 tahun, dengan hiperkolesteolemia heterozigous dan homozigous familial jika setelah trial yang cukup dari terapi diet, diketahui :

  • c-LDL tersisa ≥ 190 mg/dL atau
  • c-LDL tersisa ≥ 160 mg/dL atau

           -positif mempunyai keluarga dengan riwayat penyakit kardiovaskular prematur atau;

           -dua atau lebih faktor risiko CDV terdapat pada pasien pediatrik.

Peringatan: 

lihat keterangan di atas.

Interaksi: 

antasid, antipirin, kolestipol, digoksin, eritromisin/klaritromisin, kontrasepsi oral, inhibitor protease.

Kontraindikasi: 

lihat keterangan di atas; hipersensitif.

Efek Samping: 

lihat keterangan di atas; juga insomnia, angio udema, anoreksia, asthenia, neuropati perifer, alopesia, pruritus, ruam, impoten, sakit dada, hipoglikemik dan hiperglikemik, trombositopenia jarang dilaporkan.

Dosis: 

Hiperkolesterolemia primer dan hiperlipidemia campuran, biasanya 10 mg sekali sehari, bila perlu dapat ditingkatkan dengan interval 4 minggu hingga maksimal 80 mg sekali sehari. Anak 10-17 tahun: dosis awal 10 mg sekali sehari (pengalaman terbatas dengan dosis diatas 80 mg sehari);

Hiperkolesterolemia turunan, dosis awalnya 10 mg sehari, tingkatkan dengan interval 4 minggu sampai 40 mg sekali sehari; bila perlu, tingkatkan lebih lanjut sampai maksimal 80 mg sekali sehari (atau dikombinasi dengan resin penukar anion pada hiperkolesterolemia turunan heterozigot). Anak 10-17 tahun hingga 20 mg sekali sehari (pengalaman terbatas dengan dosis lebih besar).