ALFENTANIL

Indikasi: 

analgesia khusus untuk pembedahan singkat dan pembedahan rawat jalan; memperdalam anestesia; analgesia dan menekan aktivitas napas pada pasien dalam perawatan intensif dengan pernapasan buatan, digunakan sampai 4 hari.

Peringatan: 

lihat di bawah garam morfin (bagian 4.7.2) dan keterangan di atas.

Kontraindikasi: 

lihat bagian 4.7.2 dan keterangan di atas.

Efek Samping: 

lihat bagian 4.7.2 dan keterangan di atas; juga hipertensi, myoclonic movements; tidak umum aritmia, batuk, hiccup, laryngospasm, gangguan penglihatan.

Dosis: 

melalui injeksi intravena, respirasi spontan, DEWASA, dosis awal hingga 500 mcg dalam 30 detik; dapat ditambah 250 mcg Dengan napas buatan, DEWASA dan ANAK, dosis awal 30-50 mcg/kg bb; sebagai tambahan, 15 mcg/kg bb.
Melalui infus intravena, dengan napas buatan, DEWASA dan ANAK, dosis awal 50-100 mcg/kg bb dalam 10 menit atau sebagai bolus, dilanjutkan dengan pemeliharaan 0.5-1 mcg/kg bb/menit. Analgesia dan penekanan aktivitas respirasi selama perawatan intensif, dengan napas buatan, melalui infus intravena, dosis awal 2 mg/jam (kira-kira 30 mcg/kg bb/jam) kemudian diatur sesuai dengan respons (dosis lazim 0,5-10 mg/jam); pengendalian awal yang lebih cepat dapat dicapai dengan dosis intravena 5 mg diberikan dalam dosis terbagi selama 10 menit (lebih perlahan bila timbul hipotensi atau bradikardi); dosis tambahan 0,5-1 mg dapat diberikan melalui injeksi intravena dalam tindakan singkat yang menimbulkan rasa sakit.