9.5.1 Vitamin A

Defisiensi vitamin A (retinol) dihubungkan dengan kerusakan mata (khususnya xeroftalmia) dan peningkatan kerentanan terhadap infeksi.

Suplementasi vitamin A mungkin dibutuhkan pada anak dengan penyakit hati, terutama penyakit hati kolestatik yang disebabkan malabsorpsi/penyerapan yang buruk vitamin-vitamin yang larut dalam lemak. Pada pasien dengan obstruksi empedu yang menyeluruh, mungkin memerlukan dosis intramuskular sekali per bulan.

Pengobatan kadang-kadang diawali dengan pemberian dosis tinggi vitamin A dan pasien anak tersebut harus diawasi secara ketat, karena dapat timbul toksisitas akut.

Bayi prematur memiliki kadar vitamin A dalam plasma yang rendah dan biasanya diberi suplemen vitamin A, sering sebagai bagian dari sediaan multivitamin oral jika bayi sudah dapat menerima makanan oral. Overdosis masif dapat menyebabkan kulit kasar, rambut kering, hati membesar, dan laju endap darah meningkat serta meningkatnya serum kalsium dan kadar serum fosfatase.

Adanya bukti bahwa kadar vitamin A yang tinggi dapat menyebabkan cacat bawaan, wanita yang (atau akan) hamil dianjurkan untuk tidak menggunakan suplemen vitamin A dosis tinggi kecuali atas anjuran dokter atau klinik prenatal.

Monografi: 

VITAMIN A (Retinol)

Indikasi: 

lihat keterangan di atas.

Peringatan: 

anak, penyakit hati (kegunaan khusus) lihat juga keterangan di atas.

Efek Samping: 

lihat keterangan di atas.

Dosis: 

lihat keterangan di atas dan pada sediaan.
Vitamin A (retinol) Injeksi 50000 unit (sebagai palmitat)/mL. Ampul 2 mL.
Dosis: Secara injeksi intramuskuler dalam, defisiensi, 100000 unit tiap bulan, ditingkatkan hingga mingguan untuk keadaan defisiensi akut; dalam waktu tidak lebih dari 6 minggu dengan interval 2 minggu. Penyakit hati, 100000 unit tiap 2-4 bulan. ANAK di bawah usia 1 tahun dan ANAK 50000 unit tiap bulan.
Catatan. Mengandung polyethoxylated castor oil yang dihubungkan dengan anafilaksis; jangan dicampur atau dilarutkan.

VITAMIN A, D, C UNTUK ANAK

Dosis: 

Anak 1 bulan-5 tahun, 5 tetes tiap hari.

Keterangan: 

Sediaan drop dapat digunakan untuk suplementasi pada anak. Tersedia secara langsung untuk umum di bawah Program Kesehatan Ibu dan Anak.