9.4.3 Fluorida

Fluorida yang memadai dapat menghambat terjadinya karies gigi, dan bahwa kerja topikal dari fluorida pada enamel dan plaque dipertimbangkan lebih penting daripada efek sistemik.

Bila fluorida alami dalam air minum kurang dari 700ug/L (0,7 ppm), pemberian harian sediaan tablet atau tetes adalah pilihan yang sesuai. Suplementasi fluorida sistemik tidak boleh diresepkan tanpa memperhitungkan kadar fluorida pada suplai air lokal; Anak tidak memerlukan suplemen fluorida sampai usia 6 bulan.

Pasta gigi yang mengandung natrium fluorida atau monofluorofosfat juga merupakan sumber fluorida.

Orang yang mudah karies atau rentan secara medis dapat diberi perlindungan tambahan dengan penggunaan kumur fluorida atau pengolesan jel fluorida. Larutan kumur dapat digunakan harian atau mingguan; pemakaian larutan kumur harian kadar rendah lebih efektif daripada pemakaian mingguan dengan kadar tinggi. Jel dengan kadar tinggi harus digunakan teratur di bawah supervisi ahli; dijaga jangan sampai anak menelan terlalu banyak. Jel dengan kadar yang lebih kecil sekarang tersedia untuk pemakaian di rumah.

Monografi: 

NATRIUM FLUORIDA

Indikasi: 

pencegahan karies gigi- lihat catatan di atas.

Kontraindikasi: 

tidak untuk daerah dengan air minum yang difluoridasi.

Efek Samping: 

kadang-kadang bercak putih pada gigi dengan dosis yang dianjurkan; jarang timbul pewarnaan kuning-coklat bila dosis yang dianjurkan dilampui.

Dosis: 

ion fluorida (F-) dinyatakan sebagai berikut: Dalam air kurang dari 300 mcg F/liter (0.3 bagian per juta). ANAK (tidak untuk anak sampai usia hingga 6 bulan); usia 6 bulan-2 tahun 250 mcg F- sehari, lebih dari 4 tahun 1 mg F- sehari. Dalam air antara 300 dan 700 mcg F-/liter (0,3 - 0,7 bagian per juta). ANAK tidak untuk anak sampai 2 tahun, usia 2-4 tahun 250 mcg F- tiap hari, lebih dari 4 tahun 500 mcg F- tiap hari.Dalam air di atas 700 mcg F-/liter (0,7 bagian per juta) suplemen tidak dianjurkan (lihat catatan di atas). KONSELING. Tablet harus dihisap atau dilarutkan dalam mulut dan sebaiknya diberikan malam hari. Ada peraturan dari otoritas kesehatan untuk memberikan tablet fluorida pada upaya kesehatan gigi prasekolah, juga pada upaya kesehatan gigi sekolah.

Keterangan: 

Catatan. Natrium fluorida 2,2 mg mengandung kira-kira 1 mg ion fluoride.