GLUKOSA INTRAVENA

Larutan glukosa (5%) terutama diberikan untuk mengganti kekurangan air dalam tubuh dan harus diberikan tunggal hanya bila tidak terdapat kehilangan elektrolit yang berarti. Rata-rata kebutuhan air pada orang dewasa sehat adalah 1,5-2,5 liter sehari dan ini diperlukan untuk mengimbangi hilangnya air yang tak dapat dihindarkan melalui kulit dan paru-paru dan untuk memenuhi kebutuhan untuk ekskresi urin. Dehidrasi cenderung timbul bila pengeluaran ini tidak diimbangi dengan asupan yang sebanding, misalnya dapat timbul pada koma, disfagia, atau pada pasien lanjut usia atau pasien apatis yang tidak mau minum cukup air.

Hilangnya air secara berlebihan tanpa kehilangan elektrolit jarang terjadi, ini timbul pada demam, hipertiroidisme, dan pada diuresis berlebihan yang jarang sekali terjadi, misalnya diabetes insipidus atau hiperkalsemia. Volume larutan glukosa yang diperlukan untuk menggantikan defisit bervariasi menurut keparahan penyakit, tetapi biasanya berkisar antara 2 hingga 6 liter. Untuk anak, kecepatan infus harus disesuaikan dengan kembalinya kadar natrium plasma ke normal dalam 48 jam. Larutan glukosa juga diberikan dalam pengobatan dengan kalsium, bikarbonat, dan insulin untuk pengelolaan darurat hiperkalemia. Juga diberikan setelah koreksi hiperglikemia, pada pengobatan ketoasidosis diabetik yang harus diberikan bersama infus insulin yang berkesinambungan. 

Injeksi yang mengandung glukosa lebih dari 10% dapat bersifat iritan dan harus diberikan kedalam central venous line (vena utama). Namun larutan yang mengandung glukosa sampai 12,5% dapat diberikan dalam jangka waktu sedang ke vena perifer.

Monografi: 

GLUKOSA (DEKSTROSE MONOHIDRAT)

Indikasi: 

penggantian cairan (lihat catatan) pemberian energi (11.3).

Efek Samping: 

injeksi glukosa khususnya yang hipertonik mungkin pH-nya rendah dan dapat menimbulkan iritasi vena dan tromboflebitis.

Dosis: 

penggantian air, lihat catatan di atas; sumber energi, 1-3 liter air larutan 20-50% tiap hari.

Keterangan: 

Catatan. Glukosa adalah bentuk mono-hidrat, tetapi Infus Glukosa Intravena adalah larutan steril glukosa anhidrat atau glukosa monohidrat, kekuatan dinyatakan untuk glukosa anhidrat.