Interferon alfa

Interferon alfa menunjukkan khasiat anti- tumor pada beberapa limfoma dan tumor padat. Sediaan interferon alfa juga digunakan dalam terapi hepatitis B kronis dan hepatitis C kronis, yang sebaiknya dikombinasikan dengan ribavirin.

Interferon alfa mempunyai peran dalam menginduksi regresi awal dari hemangioma pada bayi yang resisten terhadap kortikosteroid yang membahayakan jiwa.

Efek samping bergantung pada dosis. Tetapi, anoreksia, mual, flu like syndrome dan kelelahan sering sekali terjadi. Efek samping pada mata dan depresi juga dilaporkan. Mielosupresi dapat terjadi, terutama akan mempengaruhi jumlah granulosit. Masalah kardiovaskular (hipotensi, hipertensi dan aritmia) nefrotoksisitas dan hepatotoksisitas telah dilaporkan. Hiper-trigliseridemia, kadang- kadang berat, pernah terjadi; dianjurkan memonitor kadar lemak dalam darah. Efek samping lain adalah reaksi hipersensitivitas, abnormalitas tiroid, hiperglikemia, alopesia, ruam psoriasis, kebingungan, koma dan seizure (biasanya dengan dosis tinggi pada lansia)

Konjugasi polietilen glikol (pegylated), turunan interferon alfa (peginterferon alfa 2a dan penginterferon alfa 2b dapat digunakan, pegilasi (pegylation) meningkatkan ketersediaa n interferon dalam darah. Peginterferon digunakan untuk pengobatan hepatitis C kronik, dikombinasi dengn ribavirin. Peg interferon alfa-2a juga diindikasikan untuk terapi hepatitis kronik B.

Monografi: 

INTERFERON ALFA

Indikasi: 

kambuhan atau metatstasis karsinoma sel ginjal, limfoma sel T kutan yang progresif, limfoma non Hodgkin folikuler, sarkoma Kaposi, hairy cell leukemia, hepatitis B kronik aktif, hepatitis C kronik aktif, leukemia mieloid kronis

Peringatan: 

lihat keterangan di atas

Interaksi: 

lihat Lampiran 1 (interferon)

Kontraindikasi: 

lihat keterangan di atas

Efek Samping: 

lihat keterangan di atas

INTERFERON ALFA+RIBAVIRIN

Indikasi: 

Lihat pada 5.4.5 (Ribavirin)

Peringatan: 

Lihat pada 5.4.5 (Ribavirin)

Kontraindikasi: 

Lihat literatur produk, hindari injeksi yang mengandung benzil alkohol pada bayi baru lahir (lihat pada sediaan di bawah)

Efek Samping: 

Lihat pada 5.4.5 (Ribavirin)

Dosis: 

Lihat pada 5.4.5 (Ribavirin)