7.3.2.3 Alat Kontrasepsi dalam Rahim (AKDR) Progesteron

Sistem AKDR progesteron, melepaskan levonorgestrel secara langsung ke uterine cavity. Digunakan sebagai kontrasepsi, untuk pengobatan menoragi primer dan untuk pencegahan hiperplasia endometrium selama terapi sulih hormon dengan estrogen. Dapat dijadikan metode kontrasepsi pilihan pada wanita dengan menstruasi berat. Efek bersifat lokal AKDR dan hormonal termasuk pencegahan proliferasi endometrium, penebalan mukus serviks dan supresi ovulasi pada beberapa wanita (pada beberapa siklus). Aktivitas progestogenik, menambah efek kontrasepsi AKDR. Kesuburan cepat kembali jika alat dilepas. Kelebihan AKDR tembaga yaitu memperbaiki dismenore dan mengurangi kehilangan darah; juga terbukti menurunkan frekuensi terjadinya penyakit inflamatori pelvik (khususnya pada kelompok muda yang memiliki risiko terbesar).

Pada menoragi primer, perdarahan menstruasi berkurang signifikan dalam 3-6 bulan setelah pemasangan AKDR levonorgestrel, mungkin karena efek mencegah prolierasi endometrial.

Umumnya label peringatan, perhatian dan kontraindikasi untuk AKDR levonorgestrel sama dengan AKDR lain, tapi risiko kehamilan ektopik lebih kecil. Selain itu, karena levonorgestrel dilepaskan dekat dengan tempat kerja kontrasepsi (pada mukus servik dan endometrium) efek samping progestogenik dan interaksinya lebih sedikit; khususnya dimana obat-obat penginduksi enzim menurunkan efek kontrasepsi dan secara tidak signifikan, kontrasepsi tambahan tidak diperlukan. Awalnya, perubahan pola dan durasi perdarahan menstruasi (noda dan perdarahan yang panjang) biasa terjadi. Tidak boleh terjadi gangguan endometrium sebelum pemasangan dan pasien sebaiknya diberi konseling akan hal ini. Perbaikan terhadap efek samping progestogenik seperti mastalgia dan perubahan perasaan/mood, dan pola perdarahan biasanya terjadi beberapa bulan setelah pemasangan AKDR dan menjadi sangat ringan atau hilang. Kista ovarium (biasanya asimptomatik) dapat terjadi dan biasanya teratasi secara spontan (dianjurkan pemeriksaan USG).