SEDIAAN LAIN-LAIN

Sediaan vaginal dimaksudkan untuk memperbaiki keasaman normal, mungkin dapat mencegah infeksi vaginal kambuhan dan mengembalikan flora normal vagina. Infeksi trikomonas pada umumnya terjadi pada saluran kemih bagian bawah dan sistem genital dan membutuhkan pengobatan sistemik dengan metronidazol atau tinidazol. Infeksi bakteri dengan organisme Gram negatif khususnya yang berhubungan dengan pembedahan dan trauma ginekologis. Metronidazol efektif terhadap organisme Gram negatif, khususnya Bacteroides Spp. dan dapat digunakan untuk profilaksis pada operasi ginekologi.

Produk vaginal topikal yang mengandung povidon iodin dapat digunakan untuk pengobatan vaginitis yang berhubungan dengan kandida, trikomonas, infeksi non-spesifik atau campuran. Sediaan tersebut juga digunakan sebagai sediaan pada pra-operasi vagina. Krim klindamisin dan gel metronidazol juga diindikasikan untuk vaginosis bakteri.

Obat-obat antivirus asiklovir, famsiklovir dan valasiklovir digunakan untuk pengobatan infeksi genital virus herpes simpleks, HSV tipe 2 yang merupakan penyebab tersering ulserasi genital. Obat-obat tersebut, umumnya mengurangi nyeri dan gejala lain. Lihat bagian 5.4.2.1 untuk sediaan sistemik dan 13.10.3 untuk sediaan topikal.

Monografi: 

POVIDON IODINE

Indikasi: 

kandidiasis dan trikomoniasis; vulvovaginitis bakterial.

Dosis: 

basuh vagina dengan larutan 1%.