Analog Gonadorelin

Monografi: 

GOSERELIN

Indikasi: 

kanker prostat; kanker payudara stadium lanjut & endometriosis.

Peringatan: 

pada bulan pertama pengobatan ada risiko obstruksi ureter, kompresi sumsum tulang.

Efek Samping: 

nyeri tulang bertambah pada awal terapi; hot flushes, libido turun, depresi, sakit kepala, pusing, mual, muntah, diare, ginekomastia, urtikaria (jarang).

Dosis: 

kanker prostat dan kanker payudara: 3,6 mg setiap 28 hari injeksi subkutan ke dalam dinding abdominal anterior.

LEUPROLIN ASETAT

Indikasi: 

kanker prostat bermetastase (lihat 8.3.4.2); endometriosis pada organ genital dan ekstragenital (dari stadium I sampai stadium IV), manajemen preoperatif mioma uterin (fibroid) untuk mengurangi ukuran dan pendarahan yang menyertai, pengobatan central precocious puberty.

Peringatan: 

lihat keterangan di atas dan pada 6.7.2.

Efek Samping: 

lihat keterangan di atas dan pada 6.7.2; juga lelah, kelemahan otot, paraestesia, hipertensi, palpitasi, peningkatan toleransi glukosa dan kadar lemak darah; hipotensi, jaundice, dilaporkan terjadinya trombositopenia dan leukopenia.

Dosis: 

kanker prostat: 3,75 mg injeksi subkutan atau intramuskular setiap 4 minggu; 11,25 mg injeksi subkutan atau intramuskular setiap 3 bulan;
endometriosis: 3,75 mg injeksi subkutan atau intramuskular setiap 4 minggu; pengobatan harus dimulai dalam 5 hari pertama dari siklus haid. 11,25 mg injeksi subkutan atau intramuskular setiap 3 bulan. Endometriosis diterapi selama tidak lebih dari 6 bulan apapun stadiumnya.