4.1.4 Golongan lain

Monografi: 

DEXMEDETOMIDIN

Indikasi: 

sedasi awal pada pasien yang mendapat intubasi dan ventilasi secara mekanik selama dirawat di ruang rawat intensif. Harus diberikan melalui infus tidak lebih dari 24 jam.

Peringatan: 

Harus diberikan oleh tenaga kesehatan yang terlatih di ruang rawat intensif. Dilakukan monitor secara terus-menerus. Hati-hati pada kehamilan, menyusui, riwayat penyakit jantung, penyakit hati.

Interaksi: 

Pemberian bersamaan dengan anestesi, sedatif lain, hipnotik dan opioid dapat meningkatkan efek sedatif. Diperlukan penyesuaian dosis.

Efek Samping: 

hipotensi, mual, bradikardi, fibrilasi atrial, hipoksia, anemia, nyeri, efusi pleural, infeksi, leukositosis, oligurian, edema paru, rasa haus.

Dosis: 

Harus diberikan menggunakan alat infus yang terukur. Harus diencerkan dengan larutan natrium klorida 0,9% sebelum diberikan. Dosis individual dan dititrasi sesuai respons klinik. Dosis dewasa. Infus, loading dose, 1 mcg/kg bb selama 10 menit, diikuti dengan infus rumatan, 0,2 - 0,7 mcg/kg bb/jam. Kecepatan pemberian infus disesuaikan dengan respon. Tidak boleh diberikan lebih dari 24 jam. Dapat diberikan sebelum, selama dan sesudah proses ekstubasi selama tidak melebihi 24 jam. Dilakukan penyesuaian dosis pada pasien gangguan fungsi ginjal atau hati. Anak, tidak dianjurkan.