2.10.2 Ezetimib

Ezetimib menghambat absorpsi kolesterol pada saluran cerna. Obat ini digunakan sebagai tambahan untuk manipulasi diet pada pasien dengan hiperkolesterolemia primer dalam kombinasi dengan statin atau secara tunggal (jika statin tidak mencukupi), pada pasien dengan hiperkolesterolemia familial dalam kombinasi dengan statin dan pada pasien dengan sitosterolemia familial (fitosterolemia). Jika ezetimib digunakan dalam kombinasi dengan statin risiko rabdomiolisis dapat meningkat.

Monografi: 

EZETIMIB

Indikasi: 

Hiperkolesterolemia primer, diberikan tunggal atau kombinasi dengan inhibitor HMG-CoA reduktase (statin), dan Homozygous Familial hiperkolesterolemia, kombinasi dengan statin.

Peringatan: 

Ezetimib tidak dianjurkan pada pasien dengan penurunan fungsi hati sedang atau berat. Pemberian terkontrol bersamaan dengan statin, transaminase meningkat teratur ≥ 3 kali limit atas normal (ULN), uji fungsi hati harus dilakukan pada awal terapi dan sesuai dengan rekomendasi statin. Efikasi dan keamanan ezetimib kombinasi dengan fibrat belum diketahui past. (lihat interaksi).

Kehamilan dan menyusui. Tidak ada data klinis penggunaan pada kehamilan. Tidak boleh digunakan pada pasien menyusui kecuali manfaat diperhitungkan terhadap resiko pada bayi.

Interaksi: 

antasid, kolestiramin, siklosporin, fibrat.

Kontraindikasi: 

lihat lampiran 4.

Efek Samping: 

Gangguan saluran pencernaan, sakit kepala, lemas, mialgia.

Jarang: reaksi hipersensitivitas termasuk ruam dan angioedema.

Sangat jarang: pankreatitis, kolelitiasis, kolesistitis, trombositopenia dan peningkatan kreatinin kinase, miopati dan rabdomiolisis.

Ezetimib kombinasi dengan statin: sakit kepala, lemas, sakit perut, konstipasi, diare, kembung, mual, peningkatan ALT, peningkatan AST, mialgia.

Dosis: 

Pasien harus diet yang cukup untuk menurunkan lipid dan melanjutkan diet selama pengobatan dengan Ezetimib. Dosis 10 mg sehari sekali, digunakan secara tunggal atau kombinasi dengan statin, dengan atau tanpa makanan.

Pada lansia diperlukan penyesuaian dosis, pada anak-anak dan remaja ≥ 10 th tidak diperlukan penyesuaian dosis, dan Ezetimib tidak dianjurkan pada anak < 10 th.

Pada pasien dengan gangguan hati ringan: tidak diperlukan penyesuaian dosis; disfungasi hati sedang atau berat: tidak dianjurkan.

Pada pasien dengan gangguan ginjal : tidak diperlukan penyesuaian dosis.

Pemberian bersamaan dengan asam empedu sequstrans: Ezetimib diberikan ≥ 2 jam sebelum atau ≥ 4 jam sesudah pemberian asam empedu sequstrans.