LIDOKAIN (LIGNOKAIN)

Lignokain diserap dari membran mukosa dan merupakan anestetik permukaan yang berguna dalam kadar hingga 10%. Kecuali untuk anestetik permukaan, kekuatan larutan biasanya tidak boleh melebihi 1%. Lamanya blokade (dengan adrenalin) kira-kira 1,5 jam.

Monografi: 

LIGNOKAIN HIDROKLORIDA (LIDOKAIN HIDROKLORIDA)

Indikasi: 

lihat pada dosis; juga anestesi dental (lihat informasi setelah sediaan); aritmia ventrikel (lihat 2.2).

Peringatan: 

epilepsi, gangguan fungsi pernafasan, gangguan fungsi konduksi jantung, bradikardia, syok berat; porifiria; miastenia gravis; turunkan dosis pada lansia atau debilitasi; peralatan resusitasi sebaiknya tersedia; lihat bagian 2.2 untuk efek pada jantung; gangguan fungsi hati (lihat Lampiran 2); gangguan fungsi ginjal (lihat Lampiran 3); kehamilan (lihat Lampiran 4).

Interaksi: 

lihat Lampiran 1 (lignokain).

Kontraindikasi: 

hipovolemia, blokade jantung total; jangan gunakan larutan mengandung adrenalin untuk anestesi pada appendages.

Efek Samping: 

efek pada sistem saraf pusat diantaranya adalah bingung, depresi nafas, dan konvulsi; hipotensi dan bradikardia (dapat menyebabkan terjadinya tahanan jantung); dilaporkan terjadinya hipersensitivitas; lihat juga keterangan di atas dan bagian 2.2.

Dosis: 

anestesi infiltrasi, dengan injeksi, sesuai dengan bobot pasien dan sifat pembedahan, maksimum 200 mg (atau 500 mg bila diberikan dalam larutan adrenalin)- lihat juga cara pemberian di atas dan peringatan penting di bawah.
Anestesi regional intravena dan blokade syaraf, konsultasikan dengan spesialis.
Anestesi permukaan, kekuatan yang biasa 2-4%, lihat preparat di bawah.
Penting: dosis yang diizinkan seperti tersebut di atas mungkin tidak tepat untuk beberapa keadaan dan harus dikonsultasikan dengan spesialis.

Keterangan: 

Injeksi lignokain untuk penggunaan dental
Catatan. Konsultasikan dengan ahli dental untuk hal-hal khusus sehubungan dengan dosis lignokain untuk anestesi dental. Berbagai sediaan lignokain, tunggal (plain) atau dengan adrenalin atau noradrenalin.
Lignokain untuk anestesi permukaan:
Penting.
Absorpsi yang cepat dan ekstensif dapat menimbulkan efek samping sistemik.
Peringatan. Tidak untuk luka, membran mukosa (kecuali kondiloma genitalis pada pasien dewasa) atau dermatitis atopik; hindarkan penggunaan dekat mata atau di telinga tengah; walau absorbsi sistemik rendah, hati-hati pada anemia, atau methemoglobinemia kongenital maupun dapatan (acquired) (lihat juga Prilokain); efek samping meliputi pucat sementara, merah, dan udem;
Kontraindikasi pada anak di bawah 1 tahun.