ANTIGEN VIRUS HEPATITIS A & B

Monografi: 

ANTIGEN VIRUS HEPATITIS A & B

Indikasi: 

Dewasa yang berisiko terkena infeksi hepatitis A dan hepatitis B.

Peringatan: 

pemberian vaksin harus ditunda pada subyek yang menderita demam berat; belum diketahui apakah vaksin dapat memproteksi mereka yang terinfeksi hepatitis A dan hepatitis B yang sedang dalam masa inkubasi; vaksin tidak memproteksi terhadap infeksi hepatitis lain contohnya hepatitis C dan E ; tidak dianjurkan pada profilaksis pasca-pemaparan.

Interaksi: 

Respon adekuat mungkin tidak dapat dicapai pada pasien dengan gangguan sistem imun dan pasien yang menerima terapi imunosupresif; pemberian bersama dengan imunoglobulin tidak mempengaruhi serokonversi walaupun titer antibodi dapat lebih tinggi.

Kontraindikasi: 

hipersensitivitas terhadap komponen vaksin.

Efek Samping: 

reaksi lokal: sakit, kemerahan dan bengkak; reaksi umum adalah rasa lelah, sakit kepala, malaise, mual.

Dosis: 

injeksi intramuskular; dewasa dan remaja usia >16 tahun diberikan 3 dosis 1 mL pada bulan ke 0, 1, dan 6. Anak 1-15 tahun injeksi intra muskular, 3 dosis 0,5 mL. Vaksinasi yang dipercepat (untuk yang akan bepergian dalam waktu 1 bulan) untuk dewasa: dosis ke-2, 7 hari setelah dosis pertama, dosis ke-3 setelah 14 hari lagi, dan dosis ke-4 setelah 12 bulan.Catatan: setelah 1 seri imunisasi lengkap, dapat diberikan booster dengan vaksin komponen tunggal; area deltoid lebih disukai sebagai tempat penyuntikan pada dewasa dan anak-anak yang lebih besar; sedangkan anterolateral thigh lebih disukai untuk bayi; tapi jangan disuntikkan pada bokong (efikasi vaksin berkurang), pasien dengan gangguan perdarahan dapat diberikan secara subkutan (tapi respons imun dapat berkurang).Penting. Twinrix tidak dianjurkan sebagai profilaksis akibat pemaparan virus hepatitis B pada percutaneous ocular (needle-stick) atau ke membran mukus.

Keterangan: 

Virus Hepatitis A yang diinaktivasi sebanyak 720 ELISA units dan antigen permukaan hepatitis B rekombinan (DNA) 20 μg , diadsorbsi pada aluminium hidroksida dan aluminium fosfat.