13.8 Hiperpigmentasi Akibat Sinar Matahari

Monografi: 

HIDROKUINON+TRETINOIN+ FLUOSINOLON

Indikasi: 

untuk pengobatan jangka pendek melasma sedang sampai berat pada wajah.

Peringatan: 

tidak untuk penggunaan jangka panjang; hindari paparan sinar matahari atau cahaya ultraviolet dengan menggunakan pelindung seperti payung, topi yang bertepi dan gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih; dapat menyebabkan alergi pada pasien yang peka; keamanan dan efektifitas obat terhadap pasien dengan kulit tipe V dan VI belum diketahui pasti; keamanan pada wanita hamil dan menyusui belum diketahui pasti, hindari kontak dengan mata, hidung atau sudut mulut; gunakan pelembab pada pagi hari setelah wajah dibersihkan karena efek obat dapat mengeringkan kulit; potensi karsinogenik, mutagenik dan teratogenik. Hentikan penggunaan jika terjadi reaksi hipersensitivitas atau iritasi kimia.

Interaksi: 

sabun atau pembersih wajah yang bersifat abrasif; kosmetik yang mempunyai sifat mengurangi kelembaban kulit, mengandung alkohol dan astringent yang tinggi; kosmetika yang menimbulkan fotosensitivitas.

Kontraindikasi: 

individu yang hipersensitif, alergi atau intoleran terhadap komponen obat ini.

Dosis: 

topikal: oleskan tipis dan merata satu kali sehari pada daerah melasma 30 menit sebelum tidur malam setelah wajah dibersihkan.

MEKUINOL + TRETINOIN

Indikasi: 

untuk pengobatan solar lentigines (hiperpigmentasi karena pajanan sinar ultraviolet).

Peringatan: 

jangan digunakan pada pasien yang sensitif terhadap asitretin, etrinat, isotretinoin, atau turunan vitamin A yang lain; jangan digunakan lebih dari 52 minggu (jangka panjang); dilaporkan dapat menyebabkan iritasi berat pada kulit yang mengalami eksim- segera kurangi pemakaian sediaan ini jika terjadi; jangan digunakan pada kulit yang mengalami luka bakar; riwayat vitiligo; hindarkan pemakaian pada daerah sekitar mulut, mata dan membran mukosa; selama penggunaan sediaan ini, gunakan pakaian pelindung untuk menghindari kontak langsung/mengurangi pajanan sinar matahari; gunakan tabir surya 30 menit setelah menggunakan sediaan ini; hanya untuk penggunaan luar dan hanya digunakan sebagai tambahan pada program perawatan kulit yang komprehensif dan penghindaran terhadap sinar matahari; bahan mudah terbakar maka hindarkan dari api terbuka dan panas.

Interaksi: 

meningkatkan toksisitas pada penggunaan bersama obat yang bersifat photosensitizer seperti fluorokuinolon, fenotiazin, sulfonamid, tetrasiklin, diuretik tiazid; meningkatkan iritasi pada penggunaan bersama produk yang mengandung alkohol atau mempunyai efek pengeringan yang kuat seperti astringen, sabun/sampo medikasi, larutan kering permanen, elektrolisis, lilin, pencukur rambut/bulu atau sediaan lain yang dapat mengiritasi atau membuat kulit kering.

Kontraindikasi: 

kehamilan, menyusui, anak, penggunaan obat bersifat photosensitizer (tiazid, tetrasiklin, fluorokuinolon, fenotiazid, sulfonamid); hipersensitivitas.

Efek Samping: 

iritasi, eritema, rasa terbakar, perih/pedih, rasa gatal pada sekitar daerah yang diobati, kekeringan kulit/pengelupasan, hipopigmentasi sementara pada daerah lesi yang diobati dan akan kembali normal setelah penghentian pengobatan.

Dosis: 

oleskan produk ini pada area yang mengalami solar lentigines dengan menggunakan ujung aplikator dan hindari penggunaan yang meluas pada kulit sekitarnya. Gunakan dua kali sehari, pagi dan malam dengan selang waktu 8 jam. Pasien dianjurkan untuk tidak mencuci atau membilas daerah yang diobati minimal 6 jam setelah pengolesan produk ini. Hindari penggunaan produk ini pada mata, mulut, paranasal, creases, membran mukosa. Pemakaian produk ini dapat menyebabkan rasa menyengat sementara, rasa terbakar atau iritasi. Perbaikan terjadi secara berangsur-angsur selama terapi dan mulai tampak pada minggu ke 24. Pasien dianjurkan menghindari pajanan sinar matahari (termasuk lampu ultraviolet) atau menggunakan pakaian pelindung selama menggunakan produk ini. Penghentian sementara dapat mengakibatkan re-pigmentasi pada lesi. Pemakaian produk dalam jumlah besar atau lebih sering dari yang dianjurkan tidak akan mempercepat penyembuhan atau mendapatkan hasil yang lebih baik. Pasien yang menggunakan terapi dengan produk ini dapat menggunakan kosmetik 30 menit setelah pemakaian sediaan.