13.7 Sediaan untuk Kutil dan Kalus

Human papilloma virus menyebabkan kutil (verrukas) yang paling sering mengenai tangan, kaki (kutil yang tumbuh) dan pada daerah anogenital (lihat keterangan di bawah); pengobatan biasanya dengan merusak jaringan lokal. Kutil mungkin sembuh dengan sendirinya dan pengobatan disarankan hanya bila kutil menyebabkan rasa sakit, tidak enak dipandang atau mengganggu. Sediaan asam salisilat sebagai keratolitik; bermanfaat tetapi dapat menyebabkan iritasi pada daerah yang diobati. Sediaan asam salisilat cocok untuk menghilangkan kutil dan penebalan kulit (kalus).

KUTIL ANOGENITAL. Pengobatan kutil anogenital (Condylomata acuminata) sebaiknya disertai dengan pemeriksaan terhadap adanya penyakit menular seksual. Sediaan podofilum mungkin berguna untuk kutil anogenital tetapi dapat menyebabkan iritasi daerah yang diobati dan menyebabkan toksisitas berat sistemik pada pengolesan yang berlebihan, meliputi efek terhadap saluran cerna, ginjal, hematologi dan SSP. Sediaan podofilum dikontraindikasikan pada kehamilan. Dan wanita hamil yang menangani sediaan podofilum harus diperingatkan mengenai risiko toksisitas janin dan teratogenisitas. Kasus kutil anogenital pada anak biasanya asimptomatik dan hanya memerlukan penanganan yang sederhana. Jika diperlukan terapi, sebaiknya dilakukan oleh dokter spesialis. Kutil yang persisten pada kulit genital mungkin memerlukan terapi krioterapi atau bentuk lain dari penanganan fisik yang memerlukan anestesi umum.

Monografi: 

ASAM SALISILAT

Indikasi: 

kutil dan kalus.

Peringatan: 

lindungi sekeliling kulit dan hindarkan kulit yang pecah; tidak sesuai untuk wajah, daerah anogenital, daerah yang luas.

Kontraindikasi: 

diabetes atau sirkulasi darah perifer terganggu.

Efek Samping: 

iritasi kulit, lihat keterangan di atas.

Penggunaan: 

instruksi pada kemasan umumnya memberi petunjuk untuk membersihkan kulit yang mati dengan menggosok secara halus dengan batu gosok dan membalutnya dengan plester setelah pengolesan (kecuali dengan basis collodion).