13.6 Akne dan Rosasea

13.6.1 Sediaan topikal untuk akne
13.6.2 Sediaan oral untuk akne

JERAWAT. Terapi perlu segera diberikan terutama untuk mencegah munculnya bekas luka, lesi dapat memburuk sebelum membaik. Pilihan terapi tergantung pada usia, tingkat keparahan dan faktor apakah jerawat sebagian besar meradang atau komedonal. Pada anak, jerawat menyerang pada usia pubertas dan kadang terjadi pada bayi.

Jerawat ringan sampai sedang umumnya diobati dengan sediaan topikal (lihat 13.6.1). Pengobatan sistemik dengan antibiotik oral umumnya untuk jerawat sedang sampai berat atau jika terhadap sediaan topikal tidak bisa ditoleransi atau tidak efektif atau sulit dioleskan ke lokasi. Sediaan oral lain untuk jerawat adalah hormon siproteron asetat dengan etinil estradiol, tetapi hanya untuk wanita. Jerawat yang berat, yang tidak memberikan respon terhadap antibiotik oral jangka panjang, parut/ bekas luka atau jerawat yang disebabkan masalah psikologi perlu dirujuk.

Jerawat pada bayi dan neonatus. Papule, pustule yang meradang dan kadangkala, komedo dapat terjadi pada bayi baru lahir atau pada usia satu bulan. Sebagian besar kasus jerawat pada bayi tidak memerlukan pengobatan. Jerawat yang terjadi pada usia 3-6 bulan mungkin lebih berat dan menetap; luka biasanya berada di wajah. Sediaan topikal yang mengandung benzoil peroksida (pada kadar serendah mungkin yang tidak menimbulkan iritasi), asam azelat atau tretinoin dapat digunakan jika terapi untuk jerawat pada bayi diperlukan. Pada bayi dengan jerawat yang meradang, eritromisin oral dapat digunakan karena antibakteri topikal tidak dapat ditoleransi. Tetrasiklin dikontraindikasikan pada anak di bawah 12 tahun.

ROSASEA. Rosasea bukan komedo (tetapi dapat timbul bersamaan dengan jerawat komedonal). Bintik-bintik rosasea dapat diobati dengan metronidazol topikal (lihat 13.10.2) atau dengan oksitetrasiklin oral 500 mg dua kali sehari atau eritromisin 500 mg dua kali sehari; lama pengobatan 6-12 minggu dan diulangi bila perlu; isotretionin kadang diberikan pada kasus yang resisten. Rosasea yang terjadi pada orang dewasa, jarang sekali terjadi pada anak.