13.3.1 Anestetik Lokal Topikal

Gatal bisa disebabkan oleh penyakit sistemik (seperti hipersensitivitas obat, obstructive jaundice, penyakit endokrin dan beberapa penyakit keganasan) juga bisa karena penyakit kulit (seperti psoriasis, eksim, urtikaria, dan skabies) kulit kering. Sedapat mungkin penyebab sebaiknya diobati. Suatu emolien mungkin berguna untuk mengatasi gatal yang disebabkan kulit kering (13.2.1). Pruritus yang sering muncul pada orang sehat lanjut usia juga dapat diatasi dengan emolien.

Sediaan yang mengandung krotamiton kadang-kadang digunakan tetapi manfaatnya diragukan. Sediaan kalamin biasanya tidak efektif. Sediaan kalamin kecil manfaatnya untuk mengatasi gigitan atau sengatan serangga.

Pruritus biasa terjadi pada obstruksi empedu, khususnya pada sirosis empedu dan kolestasis yang diinduksi obat. Oral kolestiramin merupakan obat pilihan.

Antihistamin topikal dan anastesi lokal hanya sedikit efektif dan kadang-kadang malah dapat menyebabkan sensitisasi. Sengatan serangga dapat diobati dengan kortikosteroid topikal jangka pendek.

Pengobatan jangka pendek dengan antihistamin sedasi hanya bermanfaat bila diberikan per oral, tidak ada efek sedasi pada preparat topikal dapat berguna untuk gigitan seranggga dan pada pruritus yang tidak diketahui penyebabnya dimana efek sedasi memang dibutuhkan.

 

Monografi: 

ANESTETIK LOKAL TOPIKAL

Indikasi: 

menghilangkan nyeri lokal, lihat Catatan di bawah dan lihat 15.2 untuk penggunaan pada anestesi permukaan.

Peringatan: 

kadang-kadang justru mengakibatkan hipersensitivitasCatatan: sediaan anestetik lokal topikal dapat diserap, terutama melalui permukaan mukosa, oleh karena itu penggunaan berlebihan sebaiknya dihindari dan sebaiknya tidak digunakan lebih dari 3 hari; secara umum tidak sesuai untuk anak-anak.