SIMPATOMIMETIK

Monografi: 

EFEDRIN HIDROKLORIDA

Indikasi: 

kongesti nasal.

Peringatan: 

hindari pemakaian berlebihan atau berkepanjangan; hati-hati pada bayi berusia di bawah 3 bulan (bukti kemanfaatan belum tersedia- bila timbul iritasi, jalan nasal dapat menyempit).

Interaksi: 

lihat Lampiran1 (simpatomimetik).

Efek Samping: 

iritasi setempat, mual, sakit kepala; setelah penggunaan berlebihan terjadi toleransi, efek menghilang, kongesti berulang; juga dilaporkan efek pada kardiovaskuler.

Penggunaan: 

beri 1-2 tetes ke dalam tiap lubang hidung sampai 3-4 kali per hari bila dibutuhkan Catatan. Dianjurkan bila kekuatan tidak disebutkan, harus diberikan tetes 0,5%.

XILOMETAZOLIN HIDROKLORIDA

Indikasi: 

kongesti nasal.

Peringatan: 

lihat keterangan pada efedrin hidroklorida.

Efek Samping: 

lihat keterangan pada efedrin hidroklorida.

Penggunaan: 

Xilometazolin hidroklorida 0,1%: Beri 2-3 tetes ke dalam tiap lubang hidung 2-3 kali sehari bila perlu; maksimum selama 7 hari; tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 12 tahun; Xilometazolin hidroklorida 0,05%: Bayi di atas usia 3 bulan, beri 2-3 tetes ke dalam tiap lubang hidung 1-2 kali sehari kalau diperlukan (tidak direkomendasikan untuk bayi di bawah usia 3 bulan, untuk anak di bawah usia 2 tahun, hanya atas petunjuk dokter); lama pemberian maksimum 7 hari.

OKSIMETAZOLIN

Indikasi: 

Untuk meringankan simtomatik dari kongesti (kesembaban) hidung dan nasofaring karena salesma (flu), sinusitis, hay fever atau alergi saluran napas bagian atas lainnya.