10.3.2 Obat Gosok dan Antireumatik Topikal Lain

Obat gosok bertindak secara counter-irritant. Nyeri, baik superfisial maupun dalam, diredakan dengan cara membuat iritasi pada kulit. Counter-irritant meredakan nyeri pada lesi di otot, tendon, dan sendi, dan pada reumatik non-artikular. Semua obat gosok mungkin bekerja dengan mekanisme utama yang sama, perbedaannya terutama dalam hal intensitas dan lama kerja.

AINS oral efektif untuk menghilangkan nyeri muskuloskeletal sedangkan AINS topikal (misalnya benzidamin, felbinak, ibuprofen, salisilamid) bisa sedikit meringankan nyeri pada kelainan muskuloskelet.

AINS TOPIKAL DAN COUNTER-IRRITANT
PERINGATAN.
Oleskan hanya dengan pijatan lembut. Hindari kontak dengan mata, membran mukosa, dan kulit yang meradang atau terbuka. Hentikan penggunaan jika terjadi ruam. Segera cuci tangan setelah pemakaian. Tidak untuk digunakan bersama balut sekap (occlusive dressing). Pemakaian topikal dalam jumlah banyak bisa menimbulkan efek sistemik termasuk hipersensitivitas dan asma (juga dilaporkan munculnya gangguan fungsi ginjal). Tidak selalu cocok untuk anak-anak. Kemasan untuk pasien harus disertai peringatan untuk menghindari pemakaian selama kehamilan atau menyusui.

HIPERSENSITIVITAS. Untuk pasien dengan hipersensitivitas terhadap AINS dan peringatan bagi penderita asma.

FOTOSENSITIVITAS. Pasien sebaiknya dianjurkan untuk menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan pada daerah yang diberi obat untuk menghindari kemungkinan terjadinya fotosensitivitas.