1.6.1 Pembentuk Massa Feses

Pencahar pembentuk massa feses meringankan konstipasi dengan cara meningkatkan massa feses yang merangsang peristaltik. Efeknya baru terlihat dalam beberapa hari, oleh karena itu pasien perlu diberitahu akan hal ini.

Pencahar pembentuk massa bermanfaat khususnya pada kasus konstipasi dengan feses yang sedikit dan keras, tetapi sebenarnya tidak diperlukan kecuali bila asupan serat dalam makanan tidak dapat ditingkatkan. Diet yang seimbang, termasuk asupan cairan dan serat yang cukup, bermanfaat dalam mencegah konstipasi.

Pencahar pembentuk massa bermanfaat dalam penanganan pasien dengan kolostomi, ilestomi, hemoroid, fisura ani, diare kronis akibat penyakit divertikular, irritable bowel syndrome, dan sebagai tambahan dalam kolitis ulseratif (lihat 1.5). Asupan cairan yang cukup harus dipertahankan untuk menghindari obstruksi usus. Serat merupakan sediaan pembentuk massa yang paling efektif.

Metilselulosa juga bekerja sebagai pelunak feses.

Monografi: 

ISPAGHULA SEKAM

Indikasi: 

konstipasi

Peringatan: 

asupan cairan yang cukup harus dipertahankan guna menghindari obstruksi usus. Mungkin perlu mengawasi pasien lansia atau yang lemah, atau pasien dengan penyempitan usus atau motilitas berkurang.

Kontraindikasi: 

kesulitan menelan, obstruksi usus, atoni kolon

Efek Samping: 

perut kembung, penegangan perut, obstruksi saluran cerna, hipersensitivitas

Dosis: 

1 sachet sehari dalam 1 gelas air dalam dosis terbagi 1-3 kali sehari sebelum atau sesudah makan; Anak. di atas 6 tahun, setengah dosis dewasa atau kurang.

Saran: sediaan ini mengembang bila kena air, maka harus hati-hati waktu menelan dengan air dan tidak boleh diberikan segera sebelum tidur.