IONI

Selain menjamin mutu, keamanan dan kemanfaatan produk Obat dan Makanan yang beredar, salah satu tugas penting Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) terkait Obat dan Makanan. Melalui KIE, pihak-pihak terkait di bidang obat dan makanan dapat memperoleh informasi mengenai produk yang telah mendapatkan ijin edar dari Badan POM.

Buku Informatorium Obat Nasional Indonesia (IONI) merupakan buku yang berisi informasi terstandar semua obat yang beredar di Indonesia yang lengkap, akurat, tidak bias dan dapat digunakan sebagai referensi oleh tenaga kesehatan. Buku IONI pertama kali diterbitkan pada tahun 2000 dan telah beberapa kali direvisi. Seiring dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan, serta telah ditemukan dan dipasarkannya berbagai obat baru di Indonesia, maka Badan POM kembali melakukan revisi terhadap buku IONI sebagai upaya memutakhirkan informasi dan menerbitkan IONI 2014.

Buku IONI 2014 ini disusun berdasarkan data ilmiah terkini (scientific-based data) dan informasi approved label dari produk obat yang beredar di Indonesia yang telah disetujui oleh Badan POM melalui evaluasi keamanan, khasiat, dan mutu yang berbasiskan bukti (evidence-based medicine). 

Buku IONI 2014 terdiri dari tiga bagian, yaitu Pedoman Umum, Informasi Obat, dan Lampiran. Bagian Pedoman Umum memuat informasi penting terkait keamanan dan kemanfaatan penggunaan obat, seperti penggolongan obat, obat generik, masalah dalam penggunaan obat, peresepan untuk anak, kehamilan dan lansia serta daftar obat yang dilarang digunakan dalam olahraga. Bagian Informasi Obat berisi 18 bagian kelas terapi, yang di dalamnya memuat penambahan 24 monografi obat baru, 8 monografi obat kombinasi baru, dan 36 monografi obat update informasi monografi serta data nama dagang memuat informasi hingga September 2014. Sedangkan pada lampiran terdiri dari interaksi obat, gagal hati, gagal ginjal, kehamilan, menyusui, serta petunjuk praktis penggunaan obat yang benar, serta informasi keamanan obat.

Sebagi akhir kata, kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mulai dari persiapan hingga diterbitkannya buku IONI 2014 ini. Tim Penyusun sangat berharap IONI 2014 ini dapat memberi manfaat dan kontribusi nyata bagi pelayanan informasi obat pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya serta mendukung pengunaan obat yang rasional oleh tenaga kesehatan.

 

Jakarta, Desember 2014
Tim Penyusun IONI 2014