Informasi terbaru terkait Alkohol Swabs

Sehubungan dengan informasi terbaru mengenai aspek keamanan semua lot Alcohol Prep Pads, Alcohol Swabs dan Alcohol Swabstick yang diproduksi oleh TRIAD Group, Amerika Serikat, yang perlu diperhatikan bagi profesi kesehatan sebagaimana berikut:

  1. US FDA menginformasikan bahwa telah dilakukan voluntary recall untuk semua lot produk Alcohol Prep Pads, Alcohol Swabs dan Alcohol Swabstick yang diproduksi oleh TRIAD Group terkait potensi kontaminasi produk alkohol tersebut oleh bakteri Bacillus cereus.
  2. Penggunaan alkohol yang terkontaminasi tersebut memicu infeksi yang membahayakan jiwa terutama pada populasi yang berisiko (immune suppressed and surgical patients).
  3. Terdapat beberapa produk obat yaitu Peg-Intron® (Peginterferon alfa-2b) Pen® dan Peg-Intron® vials, Intron A® (Interferon alfa-2) Pen ® terdaftar atas nama PT. Schering Plough Indonesia Tbk yang dalam kemasan sekundernya terdapat alcohol swabs sebagai pelengkap yang diproduksi oleh TRIAD Group.
  4. Produk-produk obat tersebut tidak terkontaminasi dan tetap aman digunakan sesuai dengan informasi produk, kecuali untuk alcohol swabs tidak boleh digunakan dan harus diganti dengan alcohol swabs lain atau kapas/kasa steril yang telah dibasahi alcohol 70%.
  5. Badan POM merasa perlu untuk memberikan informasi terkait kontaminasi alcohol swabs dimaksud yang dikemas bersama produk sebagaimana tersebut di atas yang dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi apabila alcohol swabs digunakan.

Sumber